10 PEMAIN TERKOTOR DI DUNIA SEPAKBOLA

      No Comments on 10 PEMAIN TERKOTOR DI DUNIA SEPAKBOLA

Dalam olahraga profesional, ada banyak pemain terbaik dan mantan pemain terbaik yang kita kagumi. Tetapi nyatanya, ada juga beberapa pemain yang lahir di dunia olahraga untuk dibenci, entah karena bermain curang, mencelakakan lawan atau mempunyai sikap yang buruk di lapangan.

Secara langsung, ketika mereka melakukan hal kotor seperti ini maka akan melahirkan kontroversi atau gambaran yang buruk didalam olahraga, tim atau diri mereka sendiri.

Beberapa pemain tersebut dapat ditemukan di setiap bidang olahraga dan pada setiap tim serta sering dianggap pemain ‘kotor’ atau tidak disiplin. Berkat popularitasnya di seluruh dunia, salah satu olahraga yang berhasil melahirkan banyak pemain terbaik dan dikenal cocok dengan deskripsi dunia adalah sepakbola.

Dan kali ini saya akan berbicara tentang 10 pemain terkotor di dunia sepakbola, diantaranya adalah :

1. Luis Suarez

Dimana ada sosok Luis Suarez pasti disana ada kontroversi. Ia pernah menahan bola untuk mencegah timnas Ghana mencetak gol pada ajang Piala Dunia di Afrika Selatan, ia pernah menggigit 3 pemain dan kerap melakukan diving.

Sebenarnya kemampuan Suarez diatas lapangan sangatlah mengagumkan, ia dapat menjadi salah satu pemain terbaik di dunia jikalau tidak melakukan beberapa hal buruk didalam karirnya. Saat bertugas membela timnas atau klub, kemampuan Suarez sangat baik. Sayangnya, ia tak mampu meredam emosinya sehingga terkadang memicu situasi yang tidak terkendali.

2. Joey Barton

Mempunyai sifat yang tak dapat ditebak dan banyak bicara, tentulah gelandang QPR yang satu ini memiliki karir yang penuh ‘warna-warni’. Joey Barton selalu melakukan banyak hal yang penuh pertanyaan, mulai dari tawuran terhadap salah satu pemain Doncaster pada tahun 2004 silam, menyerang rekan satu tim di tempat latihan sehingga ia diskors selama 12 laga dan menyerang salah satu pemain Manchester City pada musim 2012 di Liga Premier.

3. Roy Keane

Ia adalah salah satu gelandang yang paling emosional selain Patrick Vieira. Selama membela Manchester United, karirnya terbilang cukup sukses namun ia juga menimbulkan banyak kontroversi. Secara keseluruhan, Keane telah mendapatkan 11 kartu merah selama karirnya dan penampilannya pernah dikritik oleh sejumlah fans MU.

Ia pernah berseteru hebat dengan Patrick Vieira dan dengan sengaja mencederai gelandang Manchester City, Alf Inge Haaland pada tahun 2001 (yang pastinya akan membuat anda merasa ngeri ketika anda menonton video klipnya).

4. Patrick Vieira

Sepanjang karirnya menjadi pesepakbola, ia pernah diusir keluar lapangan sebanyak 12 kali sehingga namanya pantas untuk dimasukkan dalam daftar ini. Secara harfiah, gelandang Prancis ini terbilang handal dalam mengembangkan permainan serta reputasi di Arsenal dari tahun 1996 hingga 2005.

Selama berseragam Arsenal, Vieira mengoleksi 8 kartu merah dan pernah terlibat dalam perseteruan yang hebat dengan gelandang Manchester United Roy Keane. Meskipun ia tidak pernah mematahkan kaki siapapun, namun saat emosi Vieira memuncak, ia bisa membuat masalah kecil menjadi besar. Saat membela Juventus, Inter Milan dan Manchester City, emosinya sudah terlihat lebih stabil dan hanya mengoleksi 4 kartu merah.

5. Arjen Robben

Robben adalah salah satu karakter yang dapat memecah belah pertahanan sepakbola saat ini. Sisi plus pada pemain asal Belanda ini adalah ia tahu bagaimana caranya mencetak gol. Siapapun yang melihat dia bermain di dekat kotak pinalti, pasti akan langsung tahu jika ia akan segera melesakkan tembakan yang mematikan. Sungguh dia adalah pemain kelas dunia dalam hal ini.

Namun, siapapun juga tahu ketika dirinya sudah berada di dalam kotak, Robben takkan segan-segan untuk pura-pura menjatuhkan dirinya tanpa disentuh pemain lain. Pemain lawan mengganggapnya adalah seorang penggangu yang sering mencari kesempatan didalam tendangan bebasnya.

6. Lee Cattermole

Bila anda mengetahui pemain ini sudah mendapat banyak kartu merah di sepanjang karir seniornya, maka pastinya anda sudah bisa menebak reputasi pemain tersebut. Gelandang bertahan Sunderland, Lee Cattermole, adalah gambaran tersebut. Di umurnya yang menginjak 26 tahun, ia sudah mengoleksi 8 kartu merah dan 9 kartu kuning. Dia telah terbukti berhasil mendapatkan reputasi buruk di bawah arahan sang pelatih Gus Poyet.

7. Pepe

Salah satu palang pertahanan Real Madrid, Pepe adalah salah satu bek terbaik yang terkenal di dunia. Walaupun terkenal wataknya yang kasar, bek asal Portugal ini masih bisa mendominasi permainan dan kerap menjaga areanya dengan solid. Pepe adalah seorang bek yang agresif serta kokoh, sayangnya ia juga dapat melakukan hal-hal yang terlampau jauh.

Ketika hal ini terjadi, Pepe dapat melakukan sesuatu yang bodoh dan kejam. Coba anda lihat bagaimana seorang Pepe memberikan sejumlah tendangan ke arah punggung striker Getafe, Javier Casquero saat terjatuh di kotak pinalti. Dia juga pernah dengan sengaja menampar Cesc Fabregas dan menginjak tangan Lionel Messi.

8. Gennaro Gattuso

Selama karirnya menjadi seorang pesepakbola, Gennaro Gattuso dikenal sebagai si Bengal dari dunia sepakbola. Berkat gaya permainannya yang agresif serta kejam, gelandang Italia tersebut menerima julukan “The Rhino”. Kenyataannya dia bukanlah seorang pemain kotor dan tidak disiplin.

Beberapa pengamat sepakbola mengatakan bintang AC Milan ini terlihat sangat ‘bergairah’ dibandingkan tidak disiplin. Ia pernah menampar Zlatan Ibrahimovic pada tahun 2003. Melayangkan kepalanya ke arah assisten pelatih, Joe Jordan. Pernah mengejek wasit saat diberi kartu kuning.

9. Sergio Ramos

Setelah menyelesaikan tugas singkat di Sevilla, Ramos pindah ke Real Madrid pada tahun 2005 dan setelah itu, pamornya meningkat drastis. Sergio Ramos adalah salah satu bek terbaik di dunia. Bek asal Spanyol ini pernah memenangkan 3 gelar La Liga, gelar Piala Eropa, Piala Dunia dengan Spanyol dan beberapa piala di kompetisi lainnya.

Walaupun begitu, ia juga telah mengoleksi 19 kartu merah secara mengesankan. Apakah Ramos seorang pemain yang kotor? Tentu tidak. Ramos jarang mendapatkan kartu kuning ganda, ia lebih menyukai mendapatkan kartu merah secara langsung (dengan melakukan tendangan kungfu atau sikut terbang).

10. Sergio Busquest

Pemain Barcelona, Sergio Busquest adalah salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Pemain asal Spanyol ini telah membantu Barcelona memenangkan 4 gelar La Liga dan 2 gelar Liga Champions di samping berbagai piala kompetisi lainnya selama beberapa tahun terakhir. Sayangnya, ia kerap kali dicap sebagai seorang tukang diving, entah itu sengaja terjatuh atau pura-pura cedera.

Mungkin salah satu insiden yang paling diingat adalah terjadi pada musim 2009-10 dalam ajang Liga Champions saat Barcelona melawan Inter Milan. Setelah menabrak bek Inter, Thiago Motta, Busquest terjatuh ke tanah. Kamera menangkap dirinya tengah berguling-guling sambil memegangi wajahnya dan sempat berhenti serta mengintip untuk melihat apakah wasit telah menghukum Motta. Pertandingan ini sangat menarik perhatian dan mereka langsung memberikan Busquest dengan julukan ‘peeka-boo’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *